Cacing Tanah Bahan Baku Pakan Ikan Yang Berprotein Tinggi

Bebenet | Cacing tanah adalah sebuah cacing yang berbentuk tabung dan umumnya mereka ditemukan hidup ditanah dan memakan bahan organik hidup dan mati. Cacing tanah sangat bagus sebagai makanan alami ikan dan juga sebagai sumber protein tinggi untuk bahan pakan ikan alternatif. Budidaya cacing tanah relatif sangat mudah, efisien dan murah, dimana untuk membudidayakan cacing ini hanya dibutuhkan suatu media berupa tanah dan kompos sedangkan untuk sisa media dari budidaya cacing ini dapat dimanfaatkan untuk pupuk tanaman karena penguraian sampah organik oleh cacing tanah banyak menghasilkan unsur hara yang sangat dibutuhkan bagi pertumbuhan tanaman.

Cacaing tanah yang ada disekitar kita ini ataupun yang dibudidayakan banyak sekali manfaat dan kegunaannya, diantaranya adalah sebagai berikut :
    1. Menghancurkan bahan organik sehingga memperbaiki aerasi dan struktur tanah. Akibatnya lahan menjadi subur dan penyerapan nutrisi oleh tanaman menjadi baik. Keberadaan cacing tanah akan meningkatkan populasi mikroba yang menguntungkan tanaman.
    2. Bahan pakan Ternak Berkat kandungan protein, lemak dan mineralnya yang tinggi, cacing tanah dapat dimanfaatkan sebagai pakan ternak seperti unggas, ikan, udang dan kodok.
    3. Bahan Baku Obat dan bahan ramuan untuk penyembuhan penyakit, Secara tradisional cacing tanah dipercaya dapat meredakan demam, menurunkan tekanan darah, menyembuhkan bronchitis, reumatik sendi, sakit gigi dan tipus.
    4. Bahan Baku Kosmetik, cacing dapat diolah untuk digunakan sebagai pelembab kulit dan bahan baku pembuatan lipstik.
    5. Makanan Manusia , Cacing merupakan sumber protein yang berpotensi untuk dimasukkan sebagai bahan makanan manusia seperti halnya daging sapi atau Ayam.
    Dalam dunia perikanan, cacing tanah sangat berpotensi untuk dijadikan sebagai bahan ransum makanan ikan. Perlu diketahui bahwa untuk pertumbuhan ikan, sangat ditentukan oleh kandungan protein dalam makanannya. Mengingat kandungan protein cacing cukup tinggi yang melebihi ikan dan daging, serta komposisi asam amino esensial yang lengkap sehingga, dapat diperkirakan bila cacing tanah ini dapat dimakan oleh ikan akan dapat memacu pertumbuhan dan menghasilkan ikan yang sehat serta tahan terhadap serangan penyakit.

    0 Response to "Cacing Tanah Bahan Baku Pakan Ikan Yang Berprotein Tinggi"

    Posting Komentar