Rice Cooker ternyata sumber pemborosan listrik

PJ Blog | Kita semua tahu bahwa menghemat listrik sangat penting maka segala pemakaiannya kita perhatikan dengan seksama. Akan tetapi, usaha menghemat listrik kerap mengecewakan ketika tagihan listrik tiba. Tentunya langkah apa lagi yang bisa dilakukan untuk memperkecil tagihan menjadi bahan pikiran. Nah kamu bisa memulai mencari tahu mengenai perangkat apa saja yang menyebabkan tagihan bengkak.

Menurut Kepala Divisi Niaga PT PLN (Persero), Benny Marbun (Sebagaimana yang dimuat dalam http://life.viva.co.id/news/read/925662-rice-cooker-sering-jadi-biang-keladi-tagihan-listrik-bengkak) kemungkinan penyebab besarnya pemakaian listrik antara lain adalah alat ukur kWh meter sudah tidak akurat lagi, petugas pembaca meter tidak membaca dengan benar, atau memang pemakaian listriknya besar.

Meski begitu, ada beberapa kebiasaan penggunaan alat elektronik yang salah sehingga berpengaruh pada pemakaian listrik yang tidak hemat. Salah satu yang sering tidak disadari orang adalah penggunaan rice cooker. Jangan tertipu dengan iklan di televisi yang mengatakan bahwa menghangatkan nasi menggunakan rice cooker hanya memakai listrik 5 watt.

Untuk menghemat listrik, ia menyarankan untuk memasak nasi menjelang waktu makan, sehingga dapat habis setelah selesai makan. Kalaupun perlu tetap menyimpan nasi, cukup pakai termos nasi. Kebiasaan menghangatkan nasi dalam rice cooker memang memudahkan orang. Namun, kebiasaan ini juga membuat konsumsi listrik boros. Sebenarnya, kebiasaan seperti ini bisa diperbaiki dengan memasak nasi tidak berlebihan.

Nah kalau kamu ingin menghindari tagihan listrik yang membengkak, pilihlah penanak nasi yang berdaya listrik kecil. Jika penanak nasi kamu berdaya besar, ada baiknya saat menyalakan penanak nasi matikan dahulu perangkat lain. Tahukah kamu, kalau sedang menanak nasi besar daya yang diserap oleh penanak nasi adalah 395 watt dan saat memanaskan nasi adalah 77 watt. Kerap kali kita menggunakan penanak nasi sepanjang hari tanpa memikirkan berapa daya yang diserap atau efeknya pada tagihan listrik. Maka dari itu, akan lebih baik kalau kamu menggunakan penanak nasi sesuai dengan kebutuhan.

0 Response to "Rice Cooker ternyata sumber pemborosan listrik"

Posting Komentar