Bukit Jabal Rahmah tempat bertemunya Nabi Adam dan Siti Hawa

Bebenet | Jabal Rahmah terletak di tepi padang Arafah yang merupakan daerah di pinggiran timur Makkah. Dinamakan Jabal Rahmah konon menurut keterangan beberapa pakar karena bukit ini pernah menjadi saksi perrtemuan antara Nabi Adan dan Siti Hawa yang telah lama berpisah. Nabi Adam diturunkan di India sedangkan Siti Hawa diturunkan di Jeddah, keduanya ditemukan di Jabal Rahmah. Dibukit inilah keduanya bertemu kemudian memulai hidup baru dengan memadu cinta kasih yang telah lama terpendam.

Diatas bukit ini dibangun sebuah tugu sebagai simbol pertemuan manusia pertama Nabi Adam dan Siti Hawa. Tugu monumen ini terbuat dari beton persegi panjang dengan lebar 1,8 meter dan tinggi 8 meter. Masyarakat setempat percaya, lokasi pertemuan Adam dan Hawa adalah persis di titik bangunan  monumen itu.

Jabal Rahmah Tingginya hanya sekitar 70 meter dan bisa dinaiki melewati batu-batuan terjal. Perjalanan dari bawah kaki bukit hingga sampai ke monumen Adam dan Hawa biasanya menghabiskan waktu sekitar 15 menit saja.

Di Jabal Rahmah ini ada mitos jika seorang laki-laki atau perempuan yang tidak kunjung mendapatkan jodoh, jika memohon di Jabal Rahmah maka keinginannya segera terlaksana. Mitos ini sudah menyebar, kebenarannya tidak bisa dipertanggungjawabkan baik dari segi akidah maupun syari'ah.

~ Semoga bermanfaat ~

0 Response to "Bukit Jabal Rahmah tempat bertemunya Nabi Adam dan Siti Hawa"

Posting Komentar