Bekicot yang kaya manfaat, kaya kalsium dan protein


Bebenet | Bekicot / Siput / Keong racun menurut sebagian orang menjijikkan. Bekicot juga sering dianggap hama yang merusak tanaman karena memang bekicot memakan daun-daunan. Bekicot mudah sekali dipelihara juga mudah sekali dikembangbiakkan. Dalam memelihara bekicot pun tidaklah membutuhkan modal yang banyak sehingga akhir-akhir ini karena sulitnya mencari pekerjaan juga harganya sangat tinggi sebagian dari orang-orang tertentu memilih memelihara bekicot.

Dalam Wikipedia Bekicot atau Achatina fulica adalah siput darat yang tergolong dalam suku Achatinidae. Berasal dari Afrika Timur dan menyebar ke hampir semua penjuru dunia akibat terbawa dalam perdagangan, moluska ini sekarang menjadi salah satu spesies invasif terburuk di bumi, sehingga beberapa negara bahkan melarang pemeliharaannya sebagai hewan kesayangan/timangan termasuk Amerika Serikat. Hewan ini mudah dipelihara dan di beberapa tempat bahkan dikonsumsi, termasuk di Indonesia. Meskipun berpotensi membawa parasit, bekicot yang dipelihara biasanya bebas dari parasit.

Bekicot di luar negeri di kenal dengan nama escargots, terutama di Perancis. Orang Perancis sangat menyukai masakan dengan bahan baku ini, ada yang bilang salah satu cara untuk mengechek apakah restoran tersebut mempunyai masakan yang enak-enak adalah melalui menu ini dahulu. Di Indonesia hanya species Achatina fulica yang sering di jumpai dan paling banyak. Saat ini diketahui ada tiga subspesies bekicot:
  • Achatina fulica rodatzi Dunker, 1852
  • Achatina fulica sinistrosa Grateloup, 1840
  • Achatina fulica umbilicata Nevill, 1879
Suatu penelitian telah menyebutkan bahwa daging bekicot mempunyai kandungan gizi yang cukup bagus bagi kebutuhan manusia. Di dalam 100 gr daging bekicot mengandung 12% protein hewani dan hanya mengandung 1% lemak, Sehingga dapat mengganti kebutuhan akan daging merah sehari-hari. Selain itu daging bekicot juga mengandung asam amino, cangkangnya juga mengandung kalsium. Secara detail, protein yang ada sekitar 12 gram/ 100 gram, lemak 1%, hidrat arang 2%, kalsium 237 mg, fosfor 78 mg, Fe 1,7 mg, dan vitamin B komplek (terutama B12).

~ Semoga Artikel ini bermanfaat ~

0 Response to "Bekicot yang kaya manfaat, kaya kalsium dan protein"

Posting Komentar