Beberapa Metode Belajar Membaca Al-Qur'an

Bebenet | Dalam belajar membaca Al-Qur'an, selama ini ada beberapa metode pembelajaran yang biasa mengantarkan seseorang dapat membaca Al-Qur’an. Metode-metode tersebut antara lain: 

  • Metode meniru (Thariiqah Musyaafahah)

    Yaitu metode pembelajaran membaca Al-Qur’an yang dimulai dengan meniru atau mengikuti bacaan seorang  guru sampai hafal.Setelah itu diperkenalkan beberapa huruf beserta tanda baca dan harakatnya dari kata-kata atau kalimat yang dibacanya itu.

  • Metode sinthetik (Thariiqah Tarkibiyah).

Yaitu metode pembelajaran membaca Al-Qur’an dimulai dari mengenai huruf  hujaiyah, yang dimulai huruf  اَ sampai dengan ىbaru diperkenalkan tanda baca atau harakat.  Metode ini dapat dijumpai dalam tuntunan  membaca Al-Qur’an yang termuat dalam “ Turutan“ atau biasa disebut cara ”Baghdadiyah” .

  • Metode mengenalkan cara membaca Al-Qur’an  yang sesuai dengan kaidah-kaidahnya.

Yaitu metode pembelajaran Al-Qur’an diawali dengan mengenalkan huruf tanpa dieja. Dengan kata lain mengajarkan membaca huruf-huruf atau kata-kata Arab yang sudah bersyakal dalam Al-Qur’an sesuai dengan kaidah ilmu tajwid. Metode ini diperkenalkan oleh metode Qiraati dan Iqra’. Tujuan yang ingin dicapai Qiraati adalah agar penggunaanya dapat membaca dengan tartil.

  • Metode bunyi (Thariiqah Shautiyyah)

Metode ini tidak dimulai dengan memperkenalkan huruf-huruf  hijaiyah tetapi memperkenalkan bunyi huruf-hurufnya yang sudah diharakati atau bersyakal seperti A, BA, TA dan seterunya. Ada juga yang memaparkan contoh semisal “ MA TA” (mim fathah , ta’ fathah)  lalu  disertai gambar “mata”,  Dari bunyi-bunyi huruf inilah nantinya dirangkai dalam bentuk kalimat yang teratur.
Metode ini biasanya dipakai untuk mengantarkan seseorang agar dapat membaca kalimat-kalimat dalam bahasa Arab. Ada pula yang bagian tengah sudah diperkenankan potongan-potongan ayat. Dalam metode ini ada kesan agak sukar karena tidak dipersiapkan sejak awal untuk mengenal Al-Qur’an meskipun juga bahasa Arab.

0 Response to "Beberapa Metode Belajar Membaca Al-Qur'an"

Posting Komentar