Ciri khas bahasanya orang Ngrayun dan orang Sawoo Kabupaten Ponorogo


Untuk anda yang mau pergi ke daerah Kecamatan Ngrayun atau pergi ke daerah Kecamatan Sawoo, Kabupaten Ponorogo, agar tidak bingung tentunya kita harus memahami karakter dari masing-masing desa sebagaimana tersebut. Tulisan ini saya buat berdasarkan pengalaman saya sendiri sewaktu pergi ke Sawoo Ponorogo mencari rumah seseorang didaerah sana, berikut petikan wawancara dengan orang yang disana :

Aku : Assalamu'alaikum Ibu, bade nderek tanglet dalemipun Bapak Mar.... niku sebelah pundi nggih?
       
Ibu : Wa'alaikumsalam, Ooooo Pak Mar....niku njenengan Nguuuuuuuuuaaaalerrr mangke wonten sekolahan ngajeng Balai Desa njenengan Nguuuuuuueeeetan terus Luuuuuuruuuuus mangke daleme kidul radosan

Aku : Nggih Ibu, Matursuwun

Ibu : Sami-sami Mas

Kemudian saya melanjutkan perjalanan untuk mencari rumahnya Pak Mar....., ternyata jaraknya tidak terlalu jauh tapi sempat bikin bingung karena saya tidak terbiasa dengan bahasa masyarakat Sawoo melainkan saya terbiasa dengan bahasa Ngrayun, karena saya Asli Ngrayun hehehehehehe
Kalau di Ngrayun kata  Nguuuuuuuuuaaaalerrr, Nguuuuuuueeeetan, Luuuuuuruuuuus  dan sejenisnya itu menandakan jaraknya yang jauh

Jadi intinya kalau di Ngrayun kata Nguuuuuuuuuaaaalerrr, Nguuuuuuueeeetan, Luuuuuuruuuuus itu menandakan jaraknya Jauh tapi kalau di Sawoo belom tentu jauh

Semoga Tulisan ini bermanfaat untuk saudara-saudara semua yang Akan bepergian ke Ngrayun ataupun ke Sawoo

Sekian terima kasih

7 Responses to "Ciri khas bahasanya orang Ngrayun dan orang Sawoo Kabupaten Ponorogo"

  1. Hemm.... jan di tasydik --- tandanya itu ndak bohong gan.... salam kenal gan blogger ponorogo

    BalasHapus
  2. Saya orang sawoo, salam kenal,
    Benar juga, itu untuk menguatkan informasi, misal "luuuuuruuuuussss" berarti lurus saja gak usah belok2, bisa juga berarti menunjukan tujuan yang jauh. Jadi sama saja, gak cuma sawoo/ngrayun, jawa timur kebanyakan gitu. CMIIW

    BalasHapus
  3. la kalau bahasa daerah selatan jl raya ponorogo trenggalek beda lagi gan
    misalkan''PACAK''itu apa hayo

    BalasHapus
  4. Pacak itu bisa dikatakan sejak dalam bahasa indonesianya

    BalasHapus